fbpx

Inspirasi Aksesoris Hari Batik Nasional Paling Artistik ala Gentanala

Siapkan Batik untuk Hari Batik Nasional, jangan lupa tampil stylish dengan aksesoris artistik untuk menyempurnakan gaya kamu. Tentunya saat hari Batik yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, banyak orang yang memeriahkan dengan menggunakan batik. Warisan budaya Indonesia yang satu ini memang kerap kali digunakan untuk berbagai acara. Mulai dari ke kantor hingga acara resmi.

Berbagai macam motif pun tersebar di seluruh Nusantara dengan masing-masing ciri khas di berbagai pulau Indonesia. Faktanya, UNESCO juga telah menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Penetapan tersebut dilakukan sejak tanggal 2 Oktober 2009, karena hal itulah 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Untuk kamu yang suka menggunakan Batik di berbagai acara, wajib simak inspirasi aksesoris Hari Batik Nasional paling artistik ala Gentanala. Selain bahas seputar hari Batik, Mimin Genta akan kasih rekomendasi aksesoris yang bisa kamu padukan dengan baju batik kamu lho! Yuk, kita simak lebih lanjut.

Sejarah Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Oktober ditetapkan melalui keputusan UNESCO yang menobatkan Batik sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2009 silam. Sampai saat ini, Batik dianggap sebagai warisan budaya paling penting dan menjadi ikon untuk Indonesia. 

Berbagai pulau di Nusantara juga memiliki ciri khas batik yang mempunyai makna dan keunikkannya tersendiri. Mulai dari batik khas Sumatera yaitu Pucuk Rebung yang memiliki makna keberuntungan, batik Kalimantan yaitu Gumin Tambun yang memiliki simbol kelembutan dan budi luhur, hingga batik khas Jawa yaitu Parang Rusak yang menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus.

Dengan diakuinya batik sebagai warisan budaya paling penting dari Indonesia, membuat Indonesia untuk mulai melestarikan batik. Hal itu di diputuskan secara resmi oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi presiden RI saat itu, dengan mengeluarkan Kepres (Keputusan Presiden) Nomor 33 Tahun 2009 pada 17 November 2009. Keputusan Presiden tersebut menetapkan peringatan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Proses Peresmian Batik

Mulanya, proses peresmian Batik sendiri dilakukan di ruang sidang UNESCO yang bertempat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguard of the Intangible Cultural Heritage Batik dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia. Yang menyusul pendahulunya yaitu Keris dan Wayang yang sebelumnya juga sempat dinobatkan sebagai warisan budaya Indonesia. Saat itu  terdapat naskah yang disampaikan, dimana batik bukan hanya sehelai kain yang di hias semata. Namun batik juga memiliki nilai, makna dan simbol budaya di dalamnya. 

Sebelumnya, berdasarkan proposal yang diajukan ke UNESCO pada 4 September 2008 (File Nomination Batik Indonesia Reference No. 00170, 2009) disebutkan dimana batik Indonesia berhasil masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO (the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). 

Pendaftaran tersebut diterima UNESCO secara resmi pada 9 Januari 2009. Kemudian dilakukan pengujian tertutup pada tanggal 11 s.d. 14 Mei 2009 oleh UNESCO di Paris. Setelah itu UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2 Oktober 2009.

Hingga saat ini sudah 13 tahun lamanya Batik diakui sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membawa batik lebih luas dan jauh lagi dikenal oleh dunia. Salah satunya tentu saja dengan menggunakan batik tidak hanya digunakan saat Hari Batik Nasional saja, namun juga sebagai pakaian yang digunakan sehari-hari.

Tentunya pakai batik lebih lengkap dengan menggunakan aksesoris lokal yang autentik dan artistik. Banyak ragam aksesoris yang ada saat ini, namun Gentanala hadir dengan membawakan aksesoris buatan tangan local crafter yang memiliki cita rasa seni. Berikut adalah aksesoris rekomendasi Mimin Genta yang bisa kamu gunakan di Hari Batik Nasional.

Aksesoris Rekomendasi Gentanala

Jam Tangan Gentanala “Widodo dan Saraswati”

Jam Tangan Gentanala “Widodo dan Saraswati”. Sumber: Gentanala.com.

Rekomendasi pertama dari Mimin Genta yaitu jam tangan dari Gentanala dengan nama Widodo dan Saraswati. Jam tangan handmade yang dibuat oleh local crafter ini, menggunakan bahan dasar kayu dan resin. Jam tangan Gentanala memiliki dua seri untuk pria dan wanita, yaitu Widodo dengan ukuran case 40mm dan Saraswati dengan ukuran case 32mm. Kamu dapat padu padankan dengan tampilan sehari-hari agar tampak lebih artistik saat kamu mengenakan batik.

Dompet Gentanala “Sartono”

Dompet Gentanala “Sartono”. Sumber: Gentanala.com.

Selanjutnya, rekomendasi aksesoris dari  Mimin Genta yaitu dompet “Sartono”. Dompet ini sangat praktis dan minimalis, sehingga kamu bisa masukkan beberapa lipatan lembar uang kertas hingga menyimpan kartu. Dompet “Sartono” bisa juga disebut sebagai card holder karena mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 8 kartu. Ukurannya yang mungil membuatnya nyaman untuk digunakan bagi pria maupun wanita. Dompet ini memiliki bahan dasar kayu dan resin sehingga dapat membuat tampilan kamu makin stylish dengan paduan Batik yang kamu miliki.

Case Handphone Gentanala “Slamet”

Case Handphone Gentanala “Slamet”. Sumber: Gentanala.com.

Rekomendasi aksesoris yang berikutnya dari Mimin Genta yaitu Case Handphone “Slamet”. Case handphone ini memiliki bahan dasar kayu dan resin dengan warna yang sangat menarik. Dengan Protective Rubber Case yang mengelilinginya sehingga dapat melindungi handphone kamu dari benturan. Selain akan membuat handphone kamu jadi aman, case handphone “Slamet” juga dapat dipadukan dengan Batik kesukaan kamu agar tampilan kamu semakin artistik.

Nah, itu dia 3 rekomendasi aksesoris dari Mimin Genta yang bisa kamu gunakan di Hari Batik Nasional ala Gentanala. Kamu bisa padukan jam tangan WIdodo atau Saraswati dengan kemeja Batik kamu, dan gunakan case handphone Bambang juga lho! Pastinya tampilan kamu akan terlihat semakin stylist dan artistik. 

Kira-kira aksesoris mana yang jadi pilihan kamu? Temukan koleksi aksesoris lainnya di Gentanala.com secara online, dan dapatkan produk yang kamu suka. Selamat Hari Batik Nasional!

Referensi: 

Kemdikbud.go.id

Kompas.com

Wikipedia.com

Home
Catalogue
0
Cart
Search