fbpx

Gentanala di Trade Expo Indonesia 2022, Siap Ramaikan Pasar Global

Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang ke-37 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Trade Expo Indonesia (TEI) digelar selama 5 hari dan dimulai sejak tanggal 19 Oktober 2022. Acara ini juga dilaksanakan secara virtual, pada 19 Oktober–19 Desember 2022. Pembukaan berlangsung sangat meriah dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Gentanala ikut ambil bagian dalam acara akbar ini dan mengenalkan produk kayu dan resin di mata global.

Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 merupakan ccara yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan yang  bertujuan untuk mendorong sektor-sektor unggulan Indonesia. Terdapat tujuh sektor yang ditonjolkan antara lain:

  1. Manufaktur.
  2. Fesyen dan aksesori.
  3. Peralatan medis.
  4. Perawatan kesehatan dan kecantikan.
  5. Perabotan dan dekorasi rumah.
  6. Digital dan layanan.
  7. Makanan dan minuman.

Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang merupakan pameran internasional juga mengadakan kegiatan-kegiatan pendukung yang merupakan bagian dari acara ini. Kegiatan pendukung tersebut anatara lain seperti penandatanganan memorandum kerja sama dagang antar negara. Hal itu meliputi Trade, Tourism, and Investment Forum pada dunia dagang internasional, penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), dan konseling bisnis.

Buyer yang begitu antusias menghadiri acara ini tidak hanya berasal dari berbagai negara. Tidak hanya dari wilayah Asia Pasifik, tetapi juga dari Amerika Latin seperti Brasil, Bolivia, Chili, Eropa dan Afrika.

Acara pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022. Sumber: Ekon.go.id.

Pembukaan Acara oleh Presiden Joko Widodo

Acara Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-37 ini dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tidak hanya itu, hadir juga Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, yang mendampingi beliau pada hari Rabu, 19 Oktober 2022. 

TEI 2022 dapat dikatakan sebagai pameran dagang tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI. Pameran dagang ini diikuti oleh lebih dari 795 pelaku usaha dan 2.800 buyers dari 176 negara.

Terkait acara ini, Pak Jokowi memiliki harapan yang besar untuk peningkatan ekspor Indonesia. Dimana melalui TEI ke-37 ini diharapkan mampu mencapai target nilai perdagangan sebesar 10 miliar dolar AS. “Diharapkan itu bisa mendorong surplus neraca perdagangan kita di masa-masa mendatang,” ujarnya saat membuka pameran Trade Expo Indonesia (TEI).

Seusai acara pembukaan pada TEI 2022, Menko Airlangga didampingi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan audiensi dengan CEO Kodeco Energy di Hall Nusantara ICE BSD. Pada pertemuan tersebut terdapat pembahasan terkait rencana investasi Korea Selatan di Indonesia, yang di khususkan pada sektor pertanian dan peternakan.

Acara TEI 2022 juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet, Menteri Perdagangan, Menteri Investasi, Menteri Pertanian, Menteri Peternakan Papua Nugini, Duta Besar Negara sahabat, perwakilan Kementerian Luar Negeri, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Gubernur Banten, Ketua KADIN Indonesia dan asosiasi beserta para pelaku bisnis.

Pembukaan oleh Presiden Joko Widodo. Sumber: Ekon.go.id.

Gentanala Pamerkan Produk Unggulan

Para pelaku usaha dalam negeri banyak yang mengambil bagian dalam acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 di ICE BSD ini. Para pelaku usaha dari berbagai daerah ikut partisipasi pada pameran dagang terbesar tersebut, salah satunya adalah Gentanala yang terletak di Hall 3A.

Gentanala merupakan brand dari Jakarta yang dibentuk pada tahun 2020 oleh Reza Rahman. Gentanala membuat karya dengan mencampurkan nilai-nilai alam, kreatifitas dan nilai-nilai budaya lokal. Pada kesempatan ini Gentanala menghadirkan 4 produk utama dengan kategori aksesoris, yang diikutsertakan dalam pameran TEI 2022 untuk bisa dilihat di mata dunia. Produk-produk tersebut antara lain case handphone, dompet, kartu nama NFC dan jam tangan.

Produk yang dipamerkan oleh Gentanala ini merupakan produk unggulan dengan sentuhan seni kerajaninan kayu dan resin, yang umumnya disukai oleh masyarakat Global. TEI 2022 sebagai momentum bagi Gentanala untuk memperkenalkan keunggulan-keunggulan produk yang dibuat oleh para pengarajin lokal Indonesia.

Setiap produk unik dan tidak ada yang menyamai. Karena itu produk Gentanala sangatlah layak untuk meramaikan pasar global di masa yang akan datang.

Gentanala pada acara TEI 2022. Sumber: Gentanala.com

Kontribusi Trade Expo Indonesia Bagi Produk Lokal

Dengan diselenggarakannya Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 di ICE BSD ini sangat memberikan kontribusi bagi kemajuan produk lokal untuk bisa meningkatkan potensi ke pasar global. TEI 2022 merupakan peluang yang sangat bagus untuk memperkenalkan produk kerajaninan resin dan kayu bagi konsumen yang menyukainya.

Melalui TEI ini besar harapan Gentanala bisa membuka dan memperluas jaringan pemasaran di dunia. Kehadiran Gentanala juga merupakan salah satu cara melestarikan hasil alam yaitu kayu Indonesia yang dipadukan dengan resin. 

Melalui bantuan tangan-tangan pengrajin lokal Indonesia, Gentanala ingin menghantarkan produk kayu dan resin menjadi lebih bermanfaat. Kayu dan resin yang biasanya digunakan pada produk besar seperti furniture, diolah oleh Gentanala menjadi aksesoris produk sehari-hari. Sejak tahun 2020, Gentanala terus mengeksplore produk-produk aksesoris yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya.

Produk Gentanala pada acara TEI 2022. Sumber: Gentanala.com

Produk Gentanala bisa kamu dapatkan baik secara online maupun offline. Kamu bisa mengakses Gentanala.com untuk mengakses produk secara online. Apabila kamu ingin melihat produk secara langsung, kamu juga bisa mengunjungi Mata Lokal di M Bloc Space. Jadikan produk asli Indonesia yang artistik ini milik kamu sekarang!

Referensi: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4634/gelar-pameran-dagang-trade-expo-indonesia-ke-37-pemerintah-dorong-peningkatan-kinerja-ekspor-nasional

Home
Catalogue
0
Cart
Search