Bingung Sama Urutan Film Star Wars? Yuk, Simak Ulasannya!

Star Wars merupakan film paling populer sepanjang masa dengan seri yang beragam. Tidak heran bila banyak yang bingung mengenai urutan film Star Wars mulai dari yang mana. Apakah sebaiknya ditonton berdasarkan tahun rilis, atau di tonton berdasarkan latar cerita? Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1977, film-film Star Wars telah menjadi film yang banyak dinanti-nantikan dan mempunyai penggemar setia di seluruh dunia. Berikut ini adalah urutan film Star Wars yang wajib kamu  ketahui berdasarkan tahun rilisnya.

1. Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

Urutan film Star Wars yang pertama berdasarkan tahun rilisnya yaitu Star Wars Episode IV: A New Hope (1997). Star Wars Episode IV: A New Hope merupakan film pertama dalam film Star Wars. Dirilis pada tahun 1977, film ini menceritakan tentang petualangan Luke Skywalker, seorang petani muda yang bermimpi menjadi pahlawan. Dalam perjalanannya, Luke Skywalker bertemu dengan beberapa karakter ikonik seperti Han Solo dan Princess Leia. Film ini juga memperkenalkan karakter yang sangat diingat oleh penggemar yaitu Darth Vader.

Star-Wars-Episode IV-A-New Hope-1977
Star Wars Episode IV: A New Hope (1977). Sumber: Amazon.ca.

2. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Urutan film Star Wars yang kedua yaitu Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980). The Empire Strikes Back merupakan sekuel dari A New Hope dan sering dianggap sebagai salah satu film terbaik dalam sejarah film Star Wars. Film ini mengikuti petualangan Luke, Leia, dan Han Solo ketika mereka berjuang melawan Kekaisaran dan Darth Vader. Dalam film ini, kita juga mendapat pengenalan karakter lain seperti Master Yoda.

Star Wars-Episode-V-The-Empire-Strikes Back-1980
Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980). Sumber: Imdb.com.

3. Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Return of the Jedi adalah film ketiga dalam trilogi asli Star Wars. Karena itu film ini menempati urutan film Star Wars yang ketiga. Film ini menceritakan tentang Luke, Leia, dan Han Solo ketika mereka berjuang untuk menghancurkan Galactic Empire. Dalam film ini, kita bisa melihat banyak pertempuran luar angkasa dan perkelahian lightsaber yang epik.

Star-Wars-Episode-VI-Return-of-the-Jedi-1983
Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983). Sumber: Imdb.com.

4. Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)

Urutan film Star Wars berikutnya yaitu Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999). The Phantom Menace merupakan prekuel pertama dalam film Star Wars. Film ini mengambil tempat sebelum peristiwa di trilogi asli dan mengikuti petualangan Anakin Skywalker, seorang anak muda yang diharapkan menjadi Jedi. Dalam film ini, kita juga diperkenalkan pada karakter ikonik seperti Darth Maul.

Star-Wars-Episode-I-The-Phantom-Menace-1999
Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999). Sumber: Imdb.com.

5. Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)

Attack of the Clones adalah prekuel kedua dalam film Star Wars. Film ini mengikuti petualangan Anakin Skywalker ketika ia mulai menjadi lebih dekat dengan Padmé Amidala dan menemukan konspirasi untuk membuat pasukan klon untuk digunakan oleh Galactic Empire. 

Star-Wars-Episode-II-Attack-of-the-Clones
Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002). Sumber: Imdb.com.

6. Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Revenge of the Sith merupakan urutan film Star Wars yang ke-6. Film ini merupakan prekuel ketiga dalam film Star Wars dan mengikuti kejadian yang terjadi selama penghancuran Jedi Order. Dalam film ini, kita bisa melihat perjalanan Anakin Skywalker menjadi Darth Vader dan konflik antara dia dan Jedi.

Star-Wars-Episode-III-Revenge-of-the-Sith-2005
Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005). Sumber: Imdb.com.

7. Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015)

The Force Awakens masuk ke dalam urutan film Star Wars yang ketujuh. film pertama dalam trilogi sekuel Star Wars. Film ini mengikuti petualangan karakter baru seperti Rey, Finn, dan Poe Dameron ketika mereka berjuang melawan First Order dan mencari Luke Skywalker yang hilang.

Star-Wars-Episode-VII-The-Force-Awakens-2015
Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015). Sumber: Imdb.com.

8. Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Urutan film Star Wars yang berikutnya yaitu Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017). Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017) adalah film kedelapan dalam film Star Wars. Film ini melanjutkan kisah dari The Force Awakens dan mengikuti perjuangan dari Rey, Finn, dan Poe dalam melawan First Order yang dipimpin oleh Kylo Ren. Di sisi lain, Luke Skywalker yang merasa bersalah karena gagal melatih Ben Solo, juga terlibat dalam pertarungan melawan First Order.

Dalam The Last Jedi, kita melihat perkembangan karakter yang kuat, terutama untuk karakter Rey dan Kylo Ren yang semakin kompleks dan menarik. Film ini juga menampilkan aksi yang luar biasa dan visual yang memukau, termasuk pertempuran epik antara armada First Order dan Resistance. The Last Jedi memberikan twist plot yang mengejutkan dan menghadirkan momen emosional yang sangat mengharukan. 

Star-Wars-Episode-VIII-The-Last-Jedi-2017
Star Wars Episode VIII: The Last Jedi (2017). Sumber: Imdb.com.

9. Solo: A Star Wars Story (2018)

Solo: A Star Wars Story (2018) adalah prekuel dari karakter ikonik Han Solo dari film Star Wars. Karena itu film ini masuk kedalam urutan film Star Wars yang ke sembilan. Film ini menceritakan kisah Han Solo muda yang berasal dari planet Corellia dan bagaimana dia bertemu dengan teman sejatinya, Chewbacca, serta teman-temannya yang kemudian menjadi bagian dari kelompok penyelundup yang dipimpin oleh Beckett. Han Solo kemudian bergabung dengan pemberontak bernama Qira dan mengambil misi untuk mencuri coaxium, sumber daya yang sangat berharga.

Dalam usaha mereka untuk mencuri coaxium, mereka harus berhadapan dengan berbagai tantangan dan bahaya, termasuk penipuan, pengkhianatan, dan kekerasan. Akhirnya, Han Solo dan teman-temannya harus menghadapi pilihan sulit ketika mereka menyadari bahwa misi mereka akan sangat berbahaya dan mungkin mengancam keberadaan mereka. 

Solo-A-Star-Wars-Story-2018
Solo: A Star Wars Story (2018). Sumber: Imdb.com.

10. Star Wars: The Rise of Skywalker

Star Wars: The Rise of Skywalker (2019) adalah film ketiga dalam trilogi sekuel dari film Star Wars. Film ini mengikuti kisah Rey, Finn, dan Poe dalam sebuah misi untuk menghentikan ancaman baru dari Kylo Ren dan pasukan Kekaisaran yang masih hidup. Mereka harus menemukan Palpatine, Sith legendaris yang dianggap telah mati, untuk menghentikan rencananya untuk menguasai galaksi. Dalam perjalanan mereka, mereka bertemu dengan karakter baru dan lama yang membantu mereka menghadapi berbagai tantangan dan bahaya.

Dalam akhir yang epik, Rey dan Kylo Ren akhirnya berhadapan dalam duel terakhir yang akan menentukan nasib galaksi. The Rise of Skywalker memberikan penutup yang mengesankan untuk trilogi sekuel Star Wars dengan aksi spektakuler, karakter yang kuat dan kompleks, serta beberapa plot twist yang mengejutkan.

Star-Wars-Episode-IX-The-Rise-of-Skywalker-2019
Star Wars: The Rise of Skywalker. Sumber: Imdb.com

Itu dia urutan film Star Wars berdasarkan tahun rilisnya. Kalau kamu penasaran, kamu bisa memulai menontonnya dari yang pertama hingga yang terakhir. 

Ngomong-ngomong soal Star Wars, pastinya untuk kamu para pecinta Star Wars suka mengoleksi aksesoris Star Wars kan? Sehubungan dengan itu, Gentanala menghadirkan koleksi “The Force Series” yang mana koleksinya terinspirasi dari Star Wars, dimana menghadirkan 4 koleksi jam tangan menarik untuk kamu para pecinta Star Wars. Seperti apa koleksinya? Yuk kita simak lebih lanjut!

Koleksi Jam Tangan Gentanala “The Force Series” (Inspired by Star Wars)

1. Jam Tangan Widodo 1.5 The Force Fett Series

Jam-Tangan-Widodo-1-5-The-Force-Fett-Series.jpg
Jam Tangan Widodo 1.5 The Force Fett Series. Sumber: Gentanala.com.

2. Jam Tangan Widodo 1.5 The Force Vader Series

Jam-Tangan-Widodo-1-5-The-Force-Vader-Series.jpg
Jam Tangan Widodo 1.5 The Force Vader Series. Sumber: Gentanala.com.

3. Jam Tangan Saraswati 1.5 The Force Yoda Series

Jam-Tangan-Saraswati-1-5-The-Force-Yoda-Series.jpg
Jam Tangan Saraswati 1.5 The Force Yoda Series. Sumber: Gentanala.com.

4. Jam Tangan Saraswati 1.5 The Force Bacca Series

Jam-Tangan-Saraswati-1-5-the-Force-Bacca-Series.jpg
Jam Tangan Saraswati 1.5 The Force Bacca Series. Sumber: Gentanala.com.

Itu dia koleksi Gentanala “The Force Series” yang terinspirasi dari Star Wars, menghadirkan 4 koleksi jam tangan dari kayu burl dan resin. Koleksi limited edition ini bisa kamu dapatkan di Gentanala.com sekarang juga!