fbpx

Collab Gentanala X Voyej Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Setiap tahun pada tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan aksi global terhadap perlindungan lingkungan di seluruh dunia. Pada tahun 2023 ini, tema yang diusung oleh Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah “Beat Plastic Pollution” yang mana memiliki misi untuk mengalahkan polusi plastik yang marak saat ini. 

Kali ini dalam rangka menyambut hari lingkungan hidup sedunia, Gentanala bekerjasama dengan Voyej berkolaborasi menghadirkan jam tangan yang ramah lingkungan. Jam tangan ini dibuat dari material kayu burl dan resin, dengan leather strap yang dibuat dari genuine leather. Paduan material ini merupakan produk-produk yang ramah lingkungan, dan dihadirkan lewat produk Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Produk ini hadir untuk kamu para pria yang mana akan menonjolkan sisi maskulin kamu. Jika kamu penasaran, simak terus yuk artikel berikut ini.

Jam-Tangan-Widodo-The-Rugged-Series-5
Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Sumber: Gentanala.com.

Sekilas Tentang Hari Lingkungan Hidup Sedunia:  “Beat Plastic Pollution” 

Seperti kita ketahui, plastik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Dalam keseharian kita, seringkali kita menggunakan plastik untuk berbelanja, membawa barang, membuang sampah, dan sebagainya. Namun, penggunaan yang berlebihan dan tidak bijaksana terhadap plastik telah menyebabkan dampak yang merusak bagi lingkungan. Polusi plastik berkontribusi terhadap kerusakan ekosistem, kesehatan manusia, dan kehidupan laut. Sampah plastik yang terbuang ke lautan mengancam kehidupan biota laut.

sampah-plastik
Sampah plastik di laut. Sumber: Thenewyorker.com.

Untuk mengatasi masalah polusi plastik, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, masyarakat, dan individu. Berikut adalah hal yang bisa kita lakukan:

  1. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai: Hindari penggunaan kantong plastik, sedotan plastik, dan wadah makanan sekali pakai. Gantilah dengan solusi yang lebih ramah lingkungan, seperti kantong kain, sedotan stainless steel, dan wadah makanan tahan lama.
  1. Daur ulang dan daur ulang kembali: Pastikan untuk memilah sampah dan mendaur ulang plastik. Mendaur ulang adalah cara efektif untuk mengurangi jumlah limbah plastik yang masuk ke lingkungan.
  1. Edukasi dan kesadaran: Sosialisasikan antara mulut ke mulut mengenai pentingnya mengurangi penggunaan plastik dan mengajak orang lain untuk berpartisipasi dalam upaya mengatasi polusi plastik, agar dapat mempengaruhi perubahan perilaku yang positif.
  1. Inovasi dalam pengemasan dan desain produk: Mendorong penggunaan bahan kemasan yang ramah lingkungan. Desain produk yang inovatif dapat mengurangi ketergantungan kita pada plastik.
  1. Membersihkan lingkungan: Melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, terutama di pantai, sungai, dan area yang terkena dampak polusi plastik.

Selain itu, penting juga untuk mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi polusi plastik. Kebijakan pembatasan penggunaan plastik sekali pakai, pengenaan pajak plastik, dan pengembangan infrastruktur daur ulang adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh pemerintah untuk memerangi polusi plastik.

Untuk itu, penting bagi kamu pecinta lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Selain lima cara di atas, kamu juga bisa mendukung aksi peduli lingkungan dengan mengkonsumsi produk-produk yang ramah lingkungan, salah satunya seperti Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series yang merupakan kerjasama Gentanala dengan Voyej.

Jam-Tangan-Widodo-The-Rugged-Series-4
Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Sumber: Gentanala.com.

Produk Gentanala X Voyej dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Untuk kamu penyuka produk leather strap, pastinya kamu kenal dengan brand yang satu ini yaitu Voyej! Kali ini, Gentanala berkolaborasi dengan Voyej menghadirkan jam tangan yang ramah lingkungan.

Jam-Tangan-Widodo-The-Rugged-Series-8
Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Sumber: Gentanala.com.

Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series ini dibuat dengan paduan kayu dan resin yang ramah lingkungan. Bahan kayu yang digunakan merupakan kayu burl (tumor kayu), yang biasanya tidak digunakan sebagai bahan utama produk-produk yang berbahan dasar kayu. Kayu burl biasanya menjadi limbah industri (salah satunya industri furniture) karena sulit untuk dikerjakan dan tidak memiliki stabilitas struktural yang bagus.

Kayu burl. Sumber: Gentanala.com.

Namun, bagi Gentanala kayu burl justru memiliki tekstur dan ulir yang begitu artistik sehingga digunakan sebagai dial jam tangan ini. Dial-nya berukuran diameter 43mm dengan ketebalan 12 mm. Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series hadir dengan paduan kayu burl dan resin dengan dominasi warna hijau sebagai representasi alam dan kehidupan.

Jam-Tangan-Widodo-The-Rugged-Series-6
Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Sumber: Gentanala.com.

Jam tangan Gentanala x Voyej ini hadir dengan leather strap Voyej. Kamu dapat menemukan leather strap berkualitas yang dihadirkan oleh Voyej dengan warna hijau yang begitu nyaman di pergelangan tangan.

Jam-Tangan-Widodo-The-Rugged-Series-9
Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Sumber: Gentanala.com.

Selain itu, bahan packing yang digunakan untuk mengemas Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series menggunakan kertas samson. Kertas samson merupakan kertas yang diolah melalui proses daur ulang sehingga ramah lingkungan. Kertas samson umumnya berwarna coklat alami, dengan sifat biodegradable atau mudah terurai karena prosesnya tanpa menggunakan campuran kimia lain. Packing tersebut menjadi lebih aman dengan menggunakan kemasan kardus yang dapat didaur ulang atau dipakai kembali, sehingga ramah lingkungan.

Jam-Tangan-Widodo-The-Rugged-Series-3
Packing jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series. Sumber: Gentanala.com.

Tidak hanya itu, untuk menjaga keamanan produk, Gentanala juga menggunakan papel wrap sebagai pengganti bubble wrap yang biasanya terbuat dari plastik. Papel wrap terbuat dari bahan alami yang berkelanjutan, terbuat dari 90% virgin pulp yang terbuat dari kayu. Materialnya menggunakan bahan mentah berserat sehingga kertasmya lebih lembut dan kuat. Daya penyerapan paper wrap juga lebih tinggi sehingga membuatnya bisa terurai lebih mudah secara alami. Saat ini paper wrap banyak digunakan sebagai solusi untuk mengemas barang supaya jadi lebih aman dan menjadi salah satu opsi untuk menjaga lingkungan tetap aman.

Papel-wrap
Papel wrap. Sumber: Greeners.co.

Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series cocok untuk kamu gunakan sehari-hari, bepergian ataupun bekerja. Kamu akan tampil fashionable dengan produk Gentanala x Voyej. Yuk, mampir ke website Gentanala dan dapatkan koleksi Jam Tangan Widodo 1.5 The Rugged Series sekarang juga!

Home
Catalogue
0
Cart
Search