fbpx

7 Cara Merawat Jam Tangan Kayu

cara-merawat-jam-tangan-kayu

Jam tangan kayu dengan paduan resin sedang menjadi trend saat ini. Banyak orang yang mengincar jam tangan kayu bukan hanya karena bentuknya yang artistik, namun juga mempunyai nilai-nilai alam. Bentuknya yang stylish dan menarik, dapat dipadukan dengan pakaian sehari-hari. Ditambah dengan value originalitas dari para local crafter, semakin membuat nilai jam tangan kayu menjadi lebih berharga.

Jam tangan kayu dan resin biasanya dibuat dengan proses handmade (buatan tangan), oleh karena itu setiap guratan kayu dan torehan pigmen warna pada resin, memiliki keunikan tersendiri. Tentunya kamu harus juga memperhatikan cara perawatannya. Terutama untuk kamu yang menggunakan jam tangan kayu setiap hari, pastinya ingin jam tangan kayu tetap awet dan tahan lama.

Untuk itu penting sekali untuk mengetahui cara merawat jam tangan kayu yang benar. Seperti apa sih caranya? Yuk, kita simak lebih lanjut!

1. Bersihkan Jam Tangan Kayu Dengan Lap Kering

Terkadang saat jam tangan tidak disimpan dengan baik, terdapat debu-debu halus yang menempel. Sebaiknya, jangan menggunakan kain yang kasar saat membersihkan jam tangan kayu kamu, karena tekstur kain yang kasar mungkin saja dapat merusak kaca jam tangan kayu kamu. 

Kamu bisa gunakan lap kering dan bersih untuk membersihkan lapisan kaca pada dial jam tangan kayu untuk mengangkat kotoran atau noda yang menempel. Kamu juga bisa menggunakan lap atau kain halus yang biasa digunakan untuk melindungi dan membersihkan lensa kacamata. Karena kain untuk lensa kacamata biasanya bersifat lembut, dan akan membuat kaca jam tangan kamu tetap aman dan terhindar dari goresan. 

membersihkan-jam-tangan-kayu

Membersihkan jam tangan kayu. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

2. Jangan Terkena Air

Jam tangan kayu umumnya menggunakan movement Quartz yang masih mengandalkan baterai dalam mengoperasikan mesinnya. Karena rata-rata jam tangan kayu diperuntukan untuk fashion, maka itu kebanyakan jam tangan kayu tidak mempunyai fitur water resistant ataupun ketahanan pada air. 

Hal itu juga disebabkan karena bahan kayu merupakan material yang tidak kedap air, dan mempunyai sifat menyerap air, sehingga tidak jarang jam tangan kayu menjadi lembab. Oleh sebab itu apabila jam tangan kamu kamu terpapar air dalam jumlah besar, maka akan membuat bahan kayu menjadi lapuk dan berjamur. 

Kamu juga bisa mencari jam tangan kayu dengan dial yang dilindungi oleh lapisan kaca dan stainless steel. Bagaimanapun, dial jam tangan kayu yang dilindungi dengan lapisan kaca dan stainless akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Salah satunya kamu dapat menengok jam tangan kayu Gentanala dengan dial kayu dan resin yang terlindung dengan baik.

jam-tangan-gentanala

Jam tangan kayu dengan dial resin. Sumber: Gentanala.com.

3. Jangan Gunakan Jam Tangan Kayu Saat Melakukan Olahraga Berat

Jam tangan kayu umumnya memang dibuat untuk fashion supaya membuat tampilan kamu semakin stylish. Oleh sebab itu jam tangan kayu tidak disarankan untuk kamu gunakan saat melakukan olahraga berat ataupun olahraga yang bersinggungan dengan air. 

Sebaiknya, saat kamu ingin melakukan olahraga seperti fitness, lari maraton ataupun berenang simpanlah terlebih dahulu jam tangan kayu dan jangan gunakan saat melakukan olahraga tersebut. Olahraga seperti fitness identik dengan melakukan angkat beban berat dan bisa mengakibatkan gesekan pada jam tangan kayu kamu dan berpotensi membuatnya rusak.

ilustrasi-olahraga-berat

Ilustrasi olahraga berat. Sumber: Canva.com.

4. Hindarkan Pada Cuaca Ekstrem

Walaupun material kayu memiliki sifat yang kuat dan tahan lama, jam tangan kayu tetap harus disimpan dan dijauhkan dari cuaca ekstrem. Jangan menyimpan jam tangan kayu pada suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin secara terus-menerus, akibatnya akan membuat kayu berpotensi untuk rapuh dan material jam tangan kamu jadi menurun kualitasnya. 

Kamu juga perlu memperhatikan mesin jam tangan yang digunakan. Misalnya pada mesin jam tangan Quartz, tidak direkomendasikan untuk menyimpannya dalam jangka waktu yang lama pada area yang terdapat medan magnet. Oleh karena itu, saat kamu menyimpan jam tangan dalam jangka waktu lama, medan magnet dapat mengganggu jalannya mekanisme mesin jam tangan kayu yang kamu miliki dan jam tangan kayu kamu akan berpotensi rusak.

cuaca-ekstrem

Ilustrasi cuaca ekstrem. Sumber: Freepik.com.

5. Segera Keringkan Strap Jam Tangan Kayu Jika Basah

Pada jam tangan kayu biasanya terdapat berbagai model strap yang digunakan. Mulai dari bahan kayu hingga leather strap dari kulit hewan asli. Untuk jam tangan kayu yang menggunakan strap dengan bahan kulit, perlu diperhatikan beberapa hal berikut agar strap jam tangan kayu tetap awet dan tidak berbau.

Jauhkan strap kulit dari air dan jangan merendamnya. Apabila kamu ingin membersihkan strap jam tangan berbahan kulit, kamu bisa lepaskan dahulu dari pergelangan tangan. Sehubungan dengan itu apabila jam tangan kayu kamu terlanjur terkena air, segera keringkan jam tangan dan strap agar tidak lembab. Kamu juga bisa menggunakan leather conditioner supaya strap kulit pada jam tangan kayu kamu lebih halus dan lembut.

Pastikan strap jam tangan kulit yang kamu miliki tetap kering dan bersih, supaya terhindar dari bau yang tidak sedap karena penumpukkan kotoran dari keringat dan pergelangan tangan.

produk-gentanala

Produk Gentanala. Sumber: Gentanala.com.

6. Simpan Jam Tangan Kayu di Kotak Tertutup

Agar jam tangan kayu milik kamu tetap awet simpanlah pada kotak tertutup. Jam tangan kayu yang di simpan di dalam kotak tertutup akan terhindar dari debu dan kotoran yang dapat menempel di jam tangan kayu. Kamu juga dapat menggunakan packing kayu saat membeli jam tangan kayu. Selain memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi saat proses pengiriman, kotak jam tangan kayu juga dapat kamu gunakan untuk penyimpanan jam tangan kedepannya.

packing-jam-tangan-kayu

Packaging kayu. Sumber: Gentanala.com.

7. Ganti Baterai Jam Tangan Sebelum Habis

Lakukan pergantian baterai secara berkala sebelum daya baterai jam tangan kayu kamu habis. Penggantian baterai pada jam tangan dapat membuat mesin jam tangan kayu kamu lebih awet dan tahan lama. Karena apabila baterai jam tangan dibiarkan begitu saja dalam keadaan mati, maka cairan pada jam tangan akan mengalami kebocoran dan akan membuat jam tangan menjadi rusak.

Sebaiknya jangan mengganti baterai jam sendiri, karena apabila terdapat kesalahan dalam merangkainya akan merusak jam tangan kayu yang kamu miliki. Kamu dapat menanyakan pada toko tempat kamu membeli jam tangan kayu, apakah menyediakan layanan penggantian baterai atau tidak.

Seperti Gentanala misalnya, memberikan layanan untuk pergantian baterai apabila baterai jam tangan kamu habis. 

jam-tangan-gentanala (2)

Jam tangan kayu Gentanala. Sumber: Gentanala.com

Sekarang kamu sudah mengetahui 7 cara merawat jam tangan kayu. Dengan perawatan yang tepat, jam tangan kayu milik kamu menjadi lebih awet dan tahan lama. Perhatikan ke tujuh caranya supaya jam tangan kayu kamu menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

jam-tangan-kayu-dan-resin-gentanala

Jam tangan kayu dengan dial resin. Sumber: Gentanala.com.

Untuk kamu yang suka pada jam tangan kayu, kamu bisa temukan koleksi jam tangan kayu dengan dial resin yang menawan di Gentanala.com. Cek juga koleksi lainnya di Gentanala.com.

Referensi: Berbagai sumber

Home
Catalogue
0
Cart
Search