Antisipasi Pencurian Informasi dengan Dompet RFID

dompet-rfid-gentanala

Dengan teknologi yang semakin canggih maka perlindungan akan data diri penting juga lho untuk kamu perhatikan. Apalagi di era digtial seperti ini kerap kali terdapat informasi pribadi yang “bocor” tanpa kita menyadarinya. Kebocoran informasi pribadi kita tersebut bisa dijadikan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dan tindak kriminal lainnya. 

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa ternyata informasi pribadi juga bisa dicuri langsung dari saku celana kamu lho! Data yang penting dan sensitif seperti tanda pengenal, kartu kredit, kartu debit bahkan hingga paspor ternyata bisa diambil datanya tanpa kita sadari. Karena itu penting sekali untuk kita menjaga kartu-kartu yang berisi informasi pribadi pada dompet yang aman.

Sayangnya tidak semua dompet aman dari pencuri data pribadi. Karena kamu membutuhkan dompet khusus yaitu “dompet RFID” yang dapat bermanfaat sebagai alat penangkal RFID untuk melindungi data pribadi kamu dari ancaman digital ini. 

Dompet RFID ini sangat praktis dan tidak tebal, sehingga kamu dapat dengan mudah membawanya kemanapun. Dompet RFID biasanya berbentuk kecil dan nyaman di genggam, namun dengan teknologi yang dapat melindungi kartu-kartu penting kamu dari para hacker

Yuk, kita cari tahu lebih jauh lagi mengenai istilah dompet RFID ini. Mimin Nala akan mengulas informasinya di artikel ini!

dompet-rfid-gentanala-muat-uang-kertas-dan-koin
Dompet RFID. Sumber: Gentanala.com.

Pengertian Dompet RFID 

Dompet RFID adalah dompet yang dilengkapi dengan teknologi RFID security dengan tujuan untuk melindungi kartu-kartu penting kamu (seperti kartu kredit) sehingga skimmer tidak dapat mengambil informasi dari kartumu. RFID merupakan kepanjangan dari Radio Frequency Identification yakni teknologi yang digunakan untuk mencari data sensitif yang terdapat pada kartu kredit.

Cara kerja RFID cukup unik, dengan menggunakan medan elektromagnetik untuk mengidentifikasi dan melacak objek yang terintegrasi dengan sistem melalui tag yang berisi informasi digital. Teknologi ini dapat mengakses data sensitif, dan bahkan mampu melakukan pelacakan dari jarak jauh lho!

Sebenarnya  RFID bukanlah teknologi yang dibuat untuk mengancam. Awalnya, teknologi ini digunakan pada Perang Dunia II, yang bertujuan untuk mengidentifikasi pesawat Inggris supaya memudahkan mereka kembali ke pangkalan. 

Di Indonesia sendiri RFID sudah ada sejak tahun 2014, yang dipelopori oleh Bank Central Asia dengan mengenalkan kartu Flazz yang menggunakan teknologi RFID tersebut. Teknologi RFID saat ini juga digunakan untuk gerbang toll, kasir swalayan, absensi di beberapa universitas, dan juga sebagai kunci untuk membuka pintu kamar hotel. Saat ini teknologi RFID digunakan untuk memberikan efisiensi industri, seperti ritel, transportasi, perbankan, dan sebagainya.

Dompet-RFID
Dompet RFID. Sumber: Gentanala.com.

Manfaat Menggunakan Dompet RFID

Dompet RFID yang juga dikenal dengan nama Dompet Anti RFID atau RFID blocking wallet, sangat penting untuk kamu miliki. Di dalam dompet RFID terdapat lapisan atau pembungkus yang terbuat dari serat karbon atau logam. Lapisan inilah yang bermanfaat untuk memblokir medan elektromagnetik agar tidak menjangkau chip RFID yang ada pada kartu kamu. 

Terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan dompet RFID, antara lain sebagai berikut:

  1. Semua informasi sensitif kamu akan aman apabila semua kartu kamu seperti kartu kredit, kartu ATM, dan lainnya berada di dalam dompet RFID.
  2. Dompet RFID bermanfaat untuk menjaga semua kartu yang ditanamkan RFID seperti tanda pengenal dan kartu kredit agar tidak bisa dicuri informasinya.
  3. Keamanan terjaga meskipun melewati pemeriksaan dan melewati pemindai X-Ray bandara.
  4. Simpel dan unik, sehingga kamu tidak perlu membawa dompet besar kemanapun.
  5. Praktis karena mampu menampung hingga 8 kartu dan uang kertas/koin.
Manfaat-Dompet-RFID
Manfaat Dompet RFID. Sumber: Gentanala.com.

Pencurian Informasi dengan RFID

Pencurian informasi dengan RFID ternyata bisa terjadi tanpa kita sadari. Hal itu dapat terjadi semudah saat kita berada di tempat umum atau bersebelahan dengan “skimmer“. Skimmer adalah julukan untuk pencuri data yang menggunakan pemindai RFID untuk mengambil berbagai informasi penting dan sensitif. Perangkat pemindai tersebut dapat digunakan misalnya untuk mengambil informasi seperti nomer kartu hingga nomer CVV yang ada di belakang kartu kredit kamu.

Bahkan, pengeambilan informasi tersebut bisa dengan mudah dilakukan oleh skimmer tanpa sentuhan fisik antara alat pemindai RFID dan dompet kamu lho! Hal itu disebabkan medan elektromagnetik sehingga walaupun sekedar lewat, “skimmer” sudah bisa meretas data pada kartu-kartu kamu. 

Pencurian data ini dapat berujung pada pencurian uang juga. Karena apabila data kartu kredit kamu sudah diketahui oleh skimmer, hal tersebut bisa digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi yang mengatas namakan kamu. Selain itu, informasi data yang kamu miliki juga dapat di transfer dengan alat magnetisasi kartu sehingga skimmer dapat mengakses akun kamu.

Tiba-tiba saldo kamu habis dan tagihanmu membengkak padahal kamu tidak menggunakan uang pada kartumu. Inilah ulah skimmer yang harus kita hindari. Ini juga alasan betapa pentingnya memakai dompet dengan teknologi anti-RFID untuk menyimpan semua kartu dan tanda pengenalmu.

Dompet RFID Sartono dari Gentanala

Dompet-RFID-Sartono-Fan-Edition
Dompet RFID Sartono Fan Edition. Sumber: Gentanala.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya memiliki dompet RFID? Kalau kamu masih pakai dompet biasa yang belum ada teknologi RFID-nya, saatnya kamu menggantinya untuk perlindungan yang lebih maksimal! 

Kamu bisa cek koleksi produk dari Gentanala yaitu Dompet RFID Sartono Fan Edition, yang menggunakan teknologi RFID untuk melindungi data-data kartu kamu dari ancaman diluar sana.

Dompet RFID Sartono Fan Edition merupakan dompet RFID yang simpel, aman, unik dan mampu menampung hingga 8 kartu dan uang kertas/koin. Dompet ini sangat eksklusif dengan paduan kayu dan resin. Kamu bisa personalisasi warna campuran resin pada muka dompet, menjadikan dompet kamu eksklusif hanya kamu.

Dompet-RFID-Sartono
Dompet RFID Sartono. Sumber: Gentanala.com.

Dompet RFID Sartono ini bisa digunakan untuk pria dan wanita. Dengan desain yang stylish pastinya dapat gunakan saat berpergian, bekerja maupun kegiatan lainnya.

Kamu bisa cek disini untuk cek produk Dompet RFID Sartono Fan Edition dari Gentanala. Mampir juga ke sosial media Gentanala untuk cek informasi terbaru. Yuk, tingkatkan keamanan data pribadi mu, melalui Dompet RFID Sartono Fan Edition.

fitur-utama-dompet-rfid-sartono
fitur-utama-dompet-rfid-sartono-gentanala